3 Fase Siklus Pertumbuhan rambut yang Jarang di Ketahui

Rambutsehatcantik.com - Tidak peduli siapa Anda atau di mana Anda berasal, setiap orang memiliki siklus pertumbuhan rambut yang sama. Meskipun semua pengetahuan yang kita miliki tentang rambut, masih banyak fakta-fakta yang tidak diketahui tentang pertumbuhan rambut. Baca terus untuk mengetahui jawaban atas banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang bagaimana untuk mempertahankan siklus pertumbuhan rambut yang sehat dan normal, sekaligus melindungi rambut melawan kerusakan eksternal dan internal.

  Siklus Pertumbuhan Rambut  
Fase Siklus Pertumbuhan rambut yang Jarang di Ketahui
Kesehatan rambut

rambut yang dibentuk oleh protein struktural yang kuat disebut Keratin. Setiap helai rambut terdiri dari tiga bagian yaitu medula, korteks dan kutikula. Medulla adalah lapisan terdalam yang hanya hadir dalam tebal helai rambut besar. Lapisan kedua disebut korteks bertanggung jawab untuk memberikan tekstur, warna dan kekuatan untuk rambut. Ketiga dan lapisan terluar adalah kutikula yang tidak berwarna dan tipis yang memberikan lapisan pelindung ke korteks. Akar rambut yang tertutup dalam folikel rambut hadir di bawah permukaan kulit.

Dasar folikel berisi papilla dermal. Pertama mari kita tahu apa artinya ini:


Dermal papilla: Ini adalah ekstensi kecil, puting-seperti, yang langsung tertanam dalam aliran darah. The dermal papilla bertanggung jawab untuk menurunkan nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dari darah dan selanjutnya bergizi rambut. The dermal papilla juga mengandung reseptor androgen. Androgen adalah hormon yang menyebabkan miniaturisasi rambut, mengatur pertumbuhan rambut dan juga dapat menyebabkan rambut menipis dan rambut rontok.

Sekarang mari kita beralih ke siklus pertumbuhan rambut.


Siklus pertumbuhan rambut pada manusia normal terdiri dari tiga tahap yaitu Anagen, Catagen, Telogen. Ini adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Anagen:

Ini adalah tahap pertama dari siklus di mana sel-sel pertumbuhan perpecahan papilla dan membelah membentuk poros rambut baru. shaft ini kemudian bangkit dari folikel melalui pori-pori di kulit kepala dan keratin. Folikel rambut secara bersamaan menembus lebih dalam ke dermis untuk mencapai gizi maksimum yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang tepat. tingkat pertumbuhan anagen diperpanjang menjamin pertumbuhan rambut panjang dengan rambut tumbuh hingga setengah inci per bulan itu. masa pertumbuhan singkat menghambat pemanjangan rambut.

Baca Juga: 12 Langkah Jitu Agar Rambut Mudah di Atur

Catagen:

fase transisi ini rambut berlangsung untuk waktu yang singkat dari dua sampai empat minggu. Miniaturisasi atau menyusut dari folikel rambut sekitar 1/6 dari ukuran aslinya terjadi selama fase ini. Ini lebih lanjut akan menghasilkan cukup pasokan nutrisi pada rambut yang menyebabkan pertumbuhan rambut untuk berhenti. rambut namun tidak jatuh sepenuhnya bahkan ketika pertumbuhan dibatasi karena folikel yang rusak. Akhirnya, bagian bawah folikel akan rusak dan hancur dan bola lampu akan memisah dari suplai darah sementara papilla melepaskan diri. helai rambut dipaksa ke atas dan folikel limbah pergi. Ini adalah fase penting dalam proses perpanjangan rambut.

Lihat Juga: 8 Pose Yoga yang Bisa Melindungi Rambut Anda dari Kerontokan

Telogen:

Yang mencakup lebih dari jangka waktu dua sampai empat bulan, tahap ketiga dan terakhir dari siklus pertumbuhan rambut adalah fase telogen. Untai rambut tetap aktif atau bersandar sementara masih tersisa melekat folikel. 10% sampai 15% dari rambut tetap aktif sejak papilla tetap beristirahat selama periode tersebut.

Telogen adalah tahap terakhir dari siklus pertumbuhan. Setelah tahap ini berakhir dan siklus selesai, rambut kembali memproses pertumbuhan sekali lagi. Sebagai siklus pertumbuhan kembali, untaian lama didorong keluar dan hilang saat poros rambut baru bisa dibuat. Seorang individu kehilangan sekitar 50 sampai 100 helai rambut sehari-hari sebagai bagian dari siklus pertumbuhan rambut normal. rambut baru dengan mudah menggantikan rambut yang hilang ini dalam waktu singkat.

Namun, kehilangan lebih dari jumlah normal rambut setiap hari dapat mengakibatkan jatuhnya rambut kronis, alopecia dan bahkan botak. rambut ini jatuh atau rontok berlebihan adalah hasil dari faktor-faktor seperti gaya hidup tidak sehat, pola makan yang buruk, stres, praktik perawatan rambut yang tidak sehat, ketidakseimbangan hormon, penyakit dan obat-obatan, dll. Jika rambut memasuki fase telogen awal, maka akan mengalami kerontokan rambut yang berlebihan dan rambut terlihat menipis .

Seperti itulah siklus pertumbuhan rambut yang sebenarnya yang jarang diketahui. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan dapat dijadikan sebagai pengetahuan baru mengenai perawatan rambut dan masalah yang muncul terhadap rambut. Rambutsehatcantik.com

0 Response to "3 Fase Siklus Pertumbuhan rambut yang Jarang di Ketahui"

Post a Comment